#gb{ position:fixed; top:50px; z-index:+1000; } * html #gb{position:relative;} .gbtab{ height:100px; width:30px; float:left; cursor:pointer; background:url('http://2.bp.blogspot.com/-mrsZX_-WDkk/Te5tiGXpqNI/AAAAAAAAAZg/hDLjMWDN6_U/s1600/bukutamu.png') no-repeat; } .gbcontent{ float:left; border:2px solid #A5BD51; background:#F5F5F5; padding:10px; }
Diberdayakan oleh Blogger.
 

Rabu, 06 Februari 2013

Struktur Program C++

0 komentar

Struktur program C++, sama seperti struktur program C yang terdahulu.
Struktur program C++ terdiri sejumlah blok fungsi, setiap fungsi terdiri dari satu atau
beberapa pernyataan yang melaksanakan tugas tertentu.

Bentuk Umum:
#include <file-header>
main()
{

   pernyataan;

}

Contoh-1 
#include<conio.h>
#include<iostream.h>
main()
{
cout<<”RoHckMad”;
getch();
}


1. #include <file-header> merupakan preprocessor pada C++ untuk pemanggilan file
header yang memuat beberapa perintah-perintah dari C++ (contoh, apabila ingin
menggunakan perintah cout maka harus menggunakan file header iostream.h)
2. main() merupakan awal mula dari blok program utama
3. tanda { dan } sebagai punctuator yang awal blok program hingga akhir blok
program
4. cout merupakan perintah keluaran pada C++
5. getch(); apabila ditempatkan sebelum funtuator }, maka berfungsi sebagai
penahan dari tampilan hasil

Model Memori
Borland C++, mempunyai enam model memori untuk program dan data.
Model-model memori tersebut adalah:

A. Model Tiny
Model memori yang menyediakan jumlah memori untuk program dan data tidak
lebih dari 64 Kb.
B. Model Small
Model memori yang menyediakan jumlah memori untuk masing-masing program
dan data tidak lebih dari 64 Kb.
c. Model Medium
Model memori yang menyediakan jumlah memori untuk program tidak lebih dari
64 Kb dan data tidak lebih dari 64 K.
D. Model Compact
Model memori yang menyediakan jumlah memori untuk program lebih dari 64
Kb dan data tidak lebih dari 64 K.
E. Model Large
Model memori yang menyediakan jumlah memori untuk program dan data lebih
dari 64 K.
F. Model Huge
Model memori yang menyediakan jumlah memori untuk menyimpan satu jenis
data.

Pengenalan Tipe Data
Borland C++ memiliki 7 tipe data dasar dan 3 tipe tambahan, diantaranya:
Tipe
Data
Ukuran
Memori
Jangkauan Nilai
Jumlah
Digit
Char
1 Byte
-128 s.d 127

Int
2 Byte
-32768 s.d 32767

Short
2 Byte
-32768 s.d 32767

Long
4 Byte
-2,147,435,648 s.d 2,147,435,647

Float
4 Byte
3.4 x 10-38 s.d 3.4 x 10+38
5 – 7
Double
8 Byte
1.7 x 10-308  s.d 1.7 x 10+308
15 – 16

Long Double
10  Byte
3.4 x 10-4932  s.d 1.1 x 10+4932
19

Tipe Data Tambahan, yang dimiliki oleh Borland C++, adalah :
Unsigned digunakan bila data yang digunakan hanya data yang positif saja
Tipe
Data
Jumlah
Memori
Jangkauan Nilai
Unsigned Integer
2 Byte
0 – 65535
Unsigned Character
1 Byte
0 – 255
Unsigned Long Integer
4 Byte
0 – 4,294,967,295

Variabel
 Adalah suatu tempat menampung data atau konstanta dimemori yang
mempunyai nilai atau data yang dapat berubah-ubah selama proses program.
Dalam pemberian nama variabel, mempunyai ketentuan-ketentuan antara lain :
1. Tidak boleh ada spasi ( contoh : gaji bersih ) dan dapat menggunakan tanda garis
bawah ( _ ) sebagai penghubung (contoh : gaji_bersih).
2. Tidak boleh diawali oleh angka dan menggunakan operator aritmatika.
Variabel, dibagi menjadi dua jenis kelompok, yaitu :
Variabel Numerik
Variabel Teks

A. Variabel Numerik 
Variabel numerik ini dibagi menjadi menjadi 3 (tiga) macam :
1. Bilangan Bulat atau Integer
2. Bilangan Desimal Berpresisi Tunggal atau Floating Point.
3. Bilangan Desimal Berpresisi Ganda atau Double Precision.

B. Variabel Text  
1. Character ( Karakter Tunggal )
2. String ( Untuk Rangkaian Karakter )


C. Deklarasi Variabel
Adalah proses memperkenalkan variabel kepada Borland C++ dan
pendeklarasian tersebut bersifat mutlak karena jika tidak diperkenalkan terlebih
dahulu maka Borland C++ tidak menerima variabel tersebut.
Deklarasi Variabel ini meliputi tipe variabel, seperti integer atau character dan
nama variabel itu sendiri. Setiap kali pendeklarasian variabel harus diakhiri oleh
tanda titik koma ( ; )
Tipe
Variabel
Simbol
Deklarasi
Integer
Int
Floating Point
Float
Double Precision
Double
Karakter
Char
Unsigned Integer
Unsigned Int
Unsigned Character
Unsigned Char
Long Integer
Long Int
Unsigned Long Integer
Unsigned Long Int

Escape Sequences
Escape Sequences
Pengertian
\b
Backspace
\f
Formfeed
\n
Baris Baru
\r
Carriage Return
\t
Tab ( default = 8 karakter )

Tugas

¡Awesome as Fuck!
 

Artikel RoHckMad Lain:

Powered By:RoHckMad

0 komentar:

Posting Komentar