#gb{ position:fixed; top:50px; z-index:+1000; } * html #gb{position:relative;} .gbtab{ height:100px; width:30px; float:left; cursor:pointer; background:url('http://2.bp.blogspot.com/-mrsZX_-WDkk/Te5tiGXpqNI/AAAAAAAAAZg/hDLjMWDN6_U/s1600/bukutamu.png') no-repeat; } .gbcontent{ float:left; border:2px solid #A5BD51; background:#F5F5F5; padding:10px; }
Diberdayakan oleh Blogger.
 

Kamis, 09 Mei 2013

Cara Ampuh Melawan Virus Part 1

0 komentar

Malam Jum’at gini sih enaknya posting yang horor-horor ya.!! Tapi ini gak kalah horor dari malam jum’at, kali ini kita akan bahas mengenai virus dan kita akan coba untuk mengatasinya.  Benar! Setelah saya teliti, dengan saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.. , komputer saya positif mengidap virus. Apa yang harus saya lakukan? Wah! ini dia, kita terbiasa kalang kabut dalam menangani masalah ini. Untuk menuntaskan masalah ini, coba hubungi para dokter virus instan yang dilantik dalam sehari hehehe … Dijamin akan kalangkabut juga mengatasinya.
Menurut saya, virus itu masalah rumit dan kompleks dan pembuatnya juga rumit dan kompleks, bahkan pembuat AntiVirus pun juga rumit dan kompleks. Ini seperti lingkaran setan! Jangan menggampangkan perkara dan asal ngomong, itu akan menyulutkan “kampak peperangan”! .. Untuk saya semua baik (dan memang seharusnya semua baik) karena memang hidup itu seharusnya begitu. Plus dan minus itu akan saling mengisi, bertentangan dan kukuh menjalankan tugas masing-masing. Sudah ah… ini kok malah ngelantur. Baiklah kita kembali … setelah menjadi sok suci… Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi serangan virus, sebagai berikut.
1. Scan Komputer dengan AntiVirus yang Ada

Ini saran klasik yang memuakkan! Namun, memang harus dikatakan karena ini memang seperti suatu SISDUR standar. Scan komputer dengan program AntiVirus yang biasa kita gunakan. Walau ini mungkin tindakan yang sia-sia .. tapi patut untuk dicoba. Jika beruntung, siapa tahu AntiVirus kita dapat mengatasi masalah yang kita hadapi. (Namun biasanya tidak!) Mengapa? Karena pada beberapa AntiVirus yang bagus (pro) biasanya akan diperlengkapi dengan program on access scannner. Program tersebut berguna untuk mendeteksi saat suatu file dijalankan. Apakah mengandung virus ataukah tidak. Jika filter on access ini gagal, dapat dipastikan
bahwa proses scanning program utamanya pun akan gagal juga. Jadi, sia-sia bukan? Ya… kebetulan, anggap saja kita telah melakukan scan dan ternyata AntiVirus tetap tidak menemukan virus. Apa yang harus dilakukan?

2. Lakukan Update AntiVirus

Lakukan update AntiVirus yang kita pakai. Baik secara offline dengan menginstal update via file dari CD atau flashdisk ataupun secara online via internet. Meskipun tindakan ini sudah terlambat karena virus telanjur menyerang, namun tidak ada salahnya dicoba. Terkadang teknik seperti ini masih dapat membuahkan hasil. Seharusnya memang update kita lakukan sebelum virus menyerang, tapi apa boleh buat nasi sudah menjadi bubur. Komputer sudah telanjur terinfeksi.

Ya… terpaksa tetap kita kerjakan. Jika sampai fase ini ternyata kita beruntung, virus terdeteksi dan berhasil dilumpuhkan, kita boleh bersyukur. Namun, kebanyakan akan gagal. (Dari tadi rasanya kok bahasanya pesimis terus ya? Tidak! Ini tidak pesimis, tapi mengungkapkan kenyataan yang umum terjadi.) Mengapa? Karena virus biasanya akan melakukan proteksi dirinya sendiri dengan menggagalkan proses update atau menutup program AntiVirus yang kita pakai. Bahkan jika perlu, jika pembuat virus kebanyakan main game “GOD OF WAR” .. , tentu tanpa basa-basi virus akan menghapus program AntiVirus tersebut.

3. Ganti dengan Program AntiVirus Lainnya

Ya! Jika AntiVirus standar kita gagal berfungsi atau mendeteksi virus, mungkin ide yang baik, jika kita menginstal program AntiVirus lain yang kita miliki. Meskipun terdengar lucu untuk dilakukan, tapi terkadang dapat menyelesaikan masalah. Pastikan kita telah mempunyai “stock” program AntiVirus buatan luar negeri yang cukup banyak dikenal. Tindakan ini bukannya untuk meleceh program AntiVirus lokal, tapi ini tindakan preventif untuk memastikan keamanan saja. Mungkin jika semula, misalnya, kita memakai McAffe, dapat kita ganti dengan AVG, atau Avira, atau ClamWin, atau program AntiVirus lainnya. Keluarkan semua AntiVirus luar negeri yang ada dan kita miliki, baik yang berbayar ataupun yang gratis. Terserah!

Bersambung dulu ya, Insyaallah besok saya akan posting yang Part 2-Nya Oke.. ditunggunya..

Artikel RoHckMad Lain:

Powered By:RoHckMad

0 komentar:

Posting Komentar