#gb{ position:fixed; top:50px; z-index:+1000; } * html #gb{position:relative;} .gbtab{ height:100px; width:30px; float:left; cursor:pointer; background:url('http://2.bp.blogspot.com/-mrsZX_-WDkk/Te5tiGXpqNI/AAAAAAAAAZg/hDLjMWDN6_U/s1600/bukutamu.png') no-repeat; } .gbcontent{ float:left; border:2px solid #A5BD51; background:#F5F5F5; padding:10px; }
Diberdayakan oleh Blogger.
 

Minggu, 04 November 2012

WarDriving

1 komentar

Sejak maraknya pemakaian jaringan Wi-Fi saat ini, maka marak pula pemakaian istilah WarDriving. Kata WarDriving terdengar keren dan luar biasa, atau semacam aktivitas hacking. Pada hal kata WarDriving hanya sebuah istilah. Dalam dunia nyata, boleh dibilang bagi anda yang sering membawa laptop untuk mencari sinyal Wireless (Wi-Fi), misalnya untuk keperluan nyari HotSpot gratis maka apa yang anda lakukan tersebut termasuk WarDriving.
Dalam dunia WarDriving ini pula dikenal dengan istilah WarChalking, yaitu sebuah kegiatan mencari Acces Point yang aktif lalu seseorang memberikan tanda dengan kode tertentu menggunakan kapur(chalk) apabila terdeteksi Acces Point yang aktif tersebut. Namun, saya rasa aktivitas WarChalking saat ini sudah mulai punah, karena sudah banyak HotSpot bertebaran dimana-mana, tanpa perlu dicoret-coret menggunakan kapur.
Kata Driving digunakan dalam istilah ini karena pada awal-awal dulu, aktivitas mencari sinyal Wi-Fi dilakukan menggunakan kendaraan untuk
berkeliling, seperti mobil yang disertai dengan perlengkapan komputer(dalam hal ini adalah laptop/notebook), dan tentu saja dilengkapi dengan wireless adapter untuk menagkap ada tidaknya sinyal Wi-Fi. Bahkan ada yang dilengkapi dengan GPS untuk menandai letak sebuah jaringan wireless dan juga menggunakan antena tambahan untuk memperkuat daya tangkap sinyal wireless adapter.
Jadi, untuk saat ini anda sudah tidak perlu berkeliling lagi, apalagi nyari-nyari tanda dari WarChalking. Hampir setiap perkantoran, kampus, mall, cafe, hotel, restoran, dan berbagai tempat umum lainnya sudah dilengkapi dengan sarana HotSpot.
Tujuan utama kegiatan WarDriving adalah untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai sebuah jaringan wireless. Dari kegiatan WarDriving tersebut, ada banyak informasi penting yang diperoleh, diantaranya:
® MAC Address; baik MAC Address Acces Point maupun MAC Addres klien.
® SSID; SSID yang terdeteksi adalah SSID dari Access Point yang ditampilkan, bukan yang di-hidden.Kita akan membahas sendiri cara melihat SSID yang disembunyikan akan saya beritahu di postingan yang akan datang.
® Channel
® Speed atau kecepatan akses jaringan wireless.
® Tipe koneksi, apakah AdHoc atau Infrastruktur.
® Jenis enskripsi keamanan yang digunakan.
® IP Address & Subnet Mask.
® Kekuatan Sinyal.
Jadi, WarDriving adalah kegiatan seseorang yang melakukan kegiatan berkeliling kee berbagai ke tempat dalam usahanya mencari, mengekplorasi, bahkan mungkin juga mengekplotasi jaringan wireless yang ditemukannya. Kemudian orang yang melakukan kegiatan tersebut disebut sebagai “WarDriver”, dalam upanyanya itu dia melakukan pengumpulan data, membuat pemetaan area-area yang ada jaringan wirelessnya, dan menganalisa sistem Security-nya.

Artikel RoHckMad Lain:

Powered By:RoHckMad

1 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

See More Emoticons