#gb{ position:fixed; top:50px; z-index:+1000; } * html #gb{position:relative;} .gbtab{ height:100px; width:30px; float:left; cursor:pointer; background:url('http://2.bp.blogspot.com/-mrsZX_-WDkk/Te5tiGXpqNI/AAAAAAAAAZg/hDLjMWDN6_U/s1600/bukutamu.png') no-repeat; } .gbcontent{ float:left; border:2px solid #A5BD51; background:#F5F5F5; padding:10px; }
Diberdayakan oleh Blogger.
 

Minggu, 17 Maret 2013

Hidden SSID {Service Set Identifier} Dan Cara Mengatasinya

2 komentar

Hiddden SSID atau SSID yang disembunyikan adalh salah satu metode pengamanan yang digunakan jaringan wireless . Dengan menyembunyikan nama SSID maka tidak sembarangan orang bisa mengakses jaringan wireless  tersebut. Hanya orang tertentu yang mengetahui nama SSID itu saja yang bisa mengakses jaringan wireless tersebut.
Bagi Anda yang menggunakan Windows XP, sayang sekali Windows XP tidak mampu memberitahukan ada tidaknya sebuah jaringan wireless yang SSID –nya disembunyikan. Sebab Windows XP akan tetap menampilkan informasi bahwa tidak ada sinyal untuk jaringan wireless di wilayah tersebut. Lain halnya dengan Windows 7 yang bisa mengetahui bahwa disekitarnya ada sinyal wireless, walaupun tidak mengetahui nama SSID yang digunakan. Pada Windows 7, apabila Ada menemukan sebuah jaringan wireless yang bertuliskan Other Network, berati sang pemilik acces point menyembuyikan nama SSID-nya.
Untuk masuk ke jaringan wireless tersebut, Anda diwajibkan memasukan nama SSID yang benar, sehingga tidak bisa memasukan sembarang SSID. Oleh kareana itu, Anda harus mencari tahu nama SSID-nya. Disini saya menggunakan program inSSIDer untuk melihat informasi jaringan wireless. Terlihat program mampu menampilkan beberapa informasi, seperti channel, kekuatan sinyal, mode jaringan, termasuk pula MAC Address dari access point. Sayangnya pada kolom SSID tidak berisikan informasi apapun.
Untuk mencari SSID tersebut, kita akan menggunakan bantuan program yang bernama CommView for Wi-Fi dari Tamosoft. CommView for Wi-Fi adalah aplikasi yang berguna untuk mematau jaringan wireless 802.11 a/b/g/n. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini Anda harus memiliki wireless adapter yang kompatibel. Berikut adalah wireless adapter yang kompatibel:
   ۩. Atheros
   ۩. Ralink RT73
   ۩. Ralink RT2500
   ۩. Ralink RT2570
   ۩. RALINK 2870/3070
   ۩. REALTEK RT 8187
Anda bisa mencari informasinya di webasite dari wireless adapter yang Anda gunakan di http://ralink-chipset.blogspot.com.
Salah satu kegunaan program CommView for Wi-Fi ini adalah kemapuannya untuk menampilkan hidden SSID, atau SSID yang disembunyikan. Walaupun sebenarny ada kegunaan lain dari program CommView for Wi-Fi seperti mencari WEP Keys dan juga WPA/WPA2 Keys.
Sebelum menggunakan program ini, silahkan Anda download dulu programya cari saja di mbah google, dan lakukan instalasi caranya adalah:
1.Setelah Anda melakukan instalasi program ini maka pada tampilan pertama akan muncul tampilan Driver Instalation Guide.Disana juga ditampilkan informasi mengenai chipset wireless yang Anda gunakan. Terlihat pula bahwa chipset tersebut support dengan CommView for Wi-Fi. Disini kita akan menginstal driver bawaan dari CommView for Wi-Fi, berikan pilihan pada bagian I want to instal the driver for my compatible adapter lalu klik Next.
2.Selanjutnya Anda bisa melihat chipset yang Anda gunakan saat ini. Jika Anda menggunakan beberapa wireless adapter, Anda bisa memilih salah satu. Langsung saja klik Instal Driver untuk memulai proses instalasi driver dari CommView for Wi-Fi.
3.Maka akan muncul pertanyaan apakah Anda ingin menginstal driver dari Tamosoft, klik tombol Install.
4.Setelah proses instalasi selesai dilakukan, Anda diminta untuk merestart program CommView for Wi-Fi. Klik tombol Close.
5.Berhubung disini kita menggunakan versi yang gratis hanya untuk evaluasi saja (30 hari), maka akan tampil pesan ‘terimakasih telah menggunakan versi evaluasi’, setiap Anda menutup program ini. Klik saja OK. Maka program CommView for Wi-Fi akan menutup.
Sebelum menjalankan program ini, ada baiknya Anda memeriksa driver yang digunakan oleh wireless adapter Anda, apakah sudah beralih ke Tamosoft atau belum. Anda bisa melihatnya melalui Device Manager (klik Start=> Run=> ketik Device Manager). Apabila dibagian depan nama chipset driver Anda muncul tulisan [CommView], hal ini berarti driver dari CommView for Wi-Fi telah berhasil dipasang.
Kini waktunya kita menjalankan program CommView for Wi-Fi melalui tombol Start. Klik tombol Start Capture yang ada pada bagian paling kiri, untuk meng-capture data dijaringan wireless. Selanjutnya akan tampil kotak dialog Scanner yang masih dalam kondisi kosong. Pada bagian Channel disebelah kanan baawaah, tentukan channel yang ingin Anda periksa. Sebagai contoh disini saya memilih channel 1. Setelah itu, klik tombol Start Scanning.
Maka pada panel sebelah kiri akan muncul nama jaringan wireless yang berhasil didapatkan, klik sekali pada nama jaringan wireless yang  didapatkan tersebut untuk menampilkan informasi lebih detail yang akan ditampilkan pada bagian sebelah kanan. Lalu klik tombol Capture supaya program bisa menagkap data yang bertebaran disekitar jaringan wireless.
Setelah Anda kembali pada tampilan utamaprogram CommView for Wi-Fi, kini terlihat nama SSID dari access point yang di-hidden, muncul. Jika Anda perhatikan pada kolom MAC Address, tidak ditampilkan sepenuhnya MAC Address-nya. Apabila Anda ingin melihat MAC Address, klik kanan nama accesss point tersebut, kemudian dari menu yang muncul klik. Copy MAC Address. Tempelah (paste) pada NotePad maupun pada Microsoft Word maka MAC Address akan tampil lengkap. Sebelum mengakhiri postingan kali ini, perlu saya sampaikan bahwaa pada beberapa kasus dalam postingan berikutnya , kita masih akan menggunakan program CommView for Wi-Fi ini. Jadi, harap diingat langkah dasar untuk menggunakan program ini.

Artikel RoHckMad Lain:

Powered By:RoHckMad

2 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j:

See More Emoticons