Diberdayakan oleh Blogger.
 

Senin, 15 April 2013

Membuat Start Windows 7 Makin Kencang

0 komentar

Sebelum berangkat kuliah hari ini saya mau berbagi tips supaya kerja Windows anda semakin woke khususnya untuk Windows 7.
Oke langsung aja ya sob, Windows 7 dilengkapi dengan berbagai tool dan software yang berguna. Sayangnya, konfigurasi standar tidak terlalu mengakomodasi performa Windows 7.

1. Optimasi Services Windows 7
Services merupakan proses yang berjalan di background. Artinya, program berjalan sendiri secara diam-diam, tidak perlu diketahui oleh pengguna umum. Services digunakan untuk mendukung fitur yang disediakan oleh Windows 7. Jika ada services aktif dan ternyata fitur dari services tersebut tidak dimanfaatkan, tentu hanya akan membuang-buang sumber daya komputer saja. Penonaktifan services harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak boleh sembarangan. Services yang dinonaktifkan secara asal-asalan dapat mengganggu penggunaan Windows 7 itu sendiri. Anda harus mengetahui services yang aman untuk dinonaktifkan serta jarang digunakan.
Praktek penonaktifan services Windows 7 dapat dilakukan dengan
cara berikut:
1. Klik tombol Start pada desktop. Pada kotak pencari, ketikkan services.
2. Klik link Services yang ditampilkan pada Start menu.
3. Maka akan muncul tool Services. Lakukan klik ganda (double click) pada services yang akan dinonaktifkan. Pada contoh ini, Penulis akan menonaktifkan services Application Experience.
4. Maka akan muncul kotak dialog Application Experience Properties. Jika services sedang aktif, matikan dulu dengan klik pada tombol Stop.
5. Nonaktifkan services dengan memilih Manual pada Startup type. Akhiri dengan klik tombol OK.
6. Jika berhasil, pada kolom Startup Type menjadi Manual.
Berikut daftar services yang sebaiknya dijalankan secara Manual,
bukan otomatis (Automatic).
Application Experience, Diagnostic Policy Service, Distributed Link Tracking Client, IP Helper, Offline Files, Portable Device Enumerator Service, Protected Storage, Remote Registry, Secondary Logon, Tablet PC Input Service, TCP/IP NetBIOS Helper, Windows Error Reporting Service, Windows Media Center Service Launcher

Peringatan:  Sebaiknya Anda tidak mematikan services dengan
                        Disable tetapi cukup dengan Manual. Disable berpotensi menimbulkan
                       masalah jika services tersebut diperlukan lagi oleh Windows 7.

2. Prosesor dan RAM untuk Start Windows

 Agar komputer dapat menyala lebih cepat, Anda dapat mengatur ukuran RAM dan jumlah inti prosesor yang dipakai untuk menyalakan Windows 7. Caranya sebagai berikut:

1. Klik tombol Start desktop lalu ketikkan msconfig pada kotak pencari. Tekan Enter keyboard.
2. Pilih tab Boot lalu klik tombol Advanced options.
3. Aktifkan Number of processor dan Maximum memory.
4. Gunakan nilai maksimal untuk komputer Anda. Jika jumlah inti prosesor komputer ada dua, gunakan nilai 2 pada Number of processors. Prosesor yang menggunakan dua inti, antara lain Pentium 4 Dual Core, Core 2 Duo, Athlon X2, Turion X2, Phenom, Intel Atom.
5. Pada Maximum memory, ketikkan jumlah RAM maksimal Anda. Klik tombol OK.
6. Setelah dilakukan konfigurasi ulang, komputer harus dinyalakan ulang. Klik tombol Restart untuk menyalakan ulang komputer sekarang. Sedangkan jika ingin restart nanti, klik tombol Exit without restart.
Tip: Agar lebih cepat melakukan booting, Anda dapat menonaktifkan
          GUI. Caranya, centang pada No GUI Boot.

Udah dulu ya sob, sebenernya masih ada beberapa Tips and Trick lagi, tapi karna waktu yang membatasi kita jadi cukup sekian dan terima kasih, Semoga bermanfaat oke..

Artikel RoHckMad Lain:

Powered By:RoHckMad

0 komentar:

Posting Komentar